Manuel Neuer Siap Segera Mundur dari Lapangan

Bila Bayern Muenchen dan Jerman tak lagi membutuhkannya, Manuel Neuer secara terbuka menyatakan jika dirinya siap untuk pensiun segera. Sejak bergabung di tahun 2011, pesepakbola berusia 33 tahun ini menjadi penjaga gawang andalan Bayern serta timnas Jerman.

Alasan kesehatan menjadi faktor penyebab pensiun Neuer

Tapi sayangnya Neuer terus-menerus didera masalah kesehatan yang menghambat aktivitasnya di lapangan hijau. Pada tiga musim terakhir ini, jebolan akademi Schalke 04 ini kerap mengalami cedera. Pada laga di musim 2017/2018 Neuer bahkan bisa dibilang hampir tak berpartisipasi pada keseluruhan pertandingan karena mengalami patah kaki.

Pada beberapa laga musim sebelumnya, dirinya juga sempat absen karena mengalami masalah pada betis serta ibu jari. Namun Neuer tetap merupakan andalan dan asset bagi negara Jerman serta klub yang dibelanya. Dari 11 turnamen Jerman setelah Piala Dunia 2018 serta tiga laga Bayern pada gelaran Bundesliga musim ini Neuer memang hanya ketinggalan sekali starter.

Namun begitu dirinya merasa performanya tak lagi optimal, Neuer mengaku tak akan segan untuk mengakhiri kariernya. Alasannya karena dirinya sulit termotivasi dengan keadaan dimana kemampuannya tak lagi diperlukan.

Sebagaimana yang dikatakannya kepada Welt am Sonntag dan dilansir Livescore, dirinya dapat merasakan bila tak lagi dibutuhkan dan situasi ini menyulitkannya untuk memotivasi diri setiap hari. Neuer lebih lanjut juga menyatakan bahwa orang akan bersemangat bila merasa bahwa dirinya dibutuhkan oleh klubnya.

Neuer tak memungkiri bahwa dulu dirinya memang dibutuhkan oleh klub dan timnas dan semua orang senang dengan kehadirannya. Inilah yang membuatnya termotivasi untuk membuktikannya dalam performanya di lapangan hijau untuk membuat mereka puas.

Neuer juga mengatakan bahwa yang selama ini membuatnya bertahan adalah kecintaannya yang besar kepada olahraga sepak bola. Saat tengah berlatih atau beraksi di lapangan hijau dia mengaku selalu merasa bersemangat dan puas. Walaupun di usianya yang sudah mencapai 33 tahun, dia masih merasa optimis penampilannya bisa semakin baik.

Profil Manuel Neuer

Pesepakbola ini bernama lengkap Manuel Peter Neuer dan dilahirkan pada 27 Maret 1986 di Gelsenkirchen, Jerman.

Karier sepakbolanya dimulai tahun 2005, dimana dia menandatangani kontrak untuk yang pertama kalinya untuk bermain di klub Bundesliga, Schalke 04. Debutnya adalah tampil di turnamen Bundesliga di hari kedua karena menggantikan pesepakbola Frank Rost.

Neuer sempat tercatat sebagai kipper termahal kedua di bawah Gianluigi Buffon dengan menandatangani kontrak 5 tahun bersama Bayern Muenchen dengan biaya transfer € 22.000.000. Ini terjadi pada 1 Juni 2011.

Bayern sukses melaju pada babak semi-final Liga Champion UEFA melawan Real Madrid setelah Neuer berhasil menghalangi tendangan penalty dari Kaka dan Christiano Ronaldo. Dirinya lalu tampil pada laga final Liga Champion UEFA melawan Chelsea, namun sayang Bayern Muenchen harus kalah dalam adu penalty dengan skor akhir 4-3.

Pada musim 2012-13 Liga Champions UEFA, Neuer tampil cemerlang dan sukses menjaga gawang Bayern pada laga melawan Barcelona FC dan Juventus FC. Di tahun 2013 Neuer berhasil memboyong gelar sebagai World Goalkeeper of the year 2013.

Debutnya bersama Timnas Jerman U-21 dimulai pada tanggal 15 Agustus 2006 melawan Belanda. Neuer juga berpartisipasi pada kesebelasan Jerman U-21 yang berhasil menundukkan Inggris pada  pertandingan final UEFA European Under-21 Football Championship tahun 2009. Laga yang digelar di Swedia tersebut selesai dengan skor 4-0 tanpa sekali pun kebobolan gol.

Neuer juga turut ambil bagian pada seluruh laga Grup B gelaran Euro UEFA tahun 2012 menghadapi Denmark, Portugal, dan Belanda. Jerman berhasil meraih juara grup B serta merupakan satu-satunya kesebelasan pada laga yang memenangkan seluruh pertandingan grupnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*